23 March 2010

Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK

Seseorang atau perusahaan yang membuat produk baru dapat mendaftarkan hasil ciptaan produknya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak paten dunia. Hal tersebut dilakukan agar produk barunya tidak bisa ditiru, dipalsukan, ataupun digandakan oleh seseorang ataupun perusahaan lain.

Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya komputer, hak paten terhadap merek dagang juga diberlakukan. Merek-merek dagang yang telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum, sehingga produk ciptaannya tidak bisa dipakai orang atau perusahaan lain tanpa seijin pemilik hak cipta/paten. Apabila seseorang ingin memakai produk tersebut, maka harus membeli ke pemilik hak paten.


Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.


1. Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software sistem operasi Micosoft Windws, MS DOS, Software aplikasi Microsoft Office, dan lain-lain.

2. Adobe Corp. Mengeluarka software aplikasi Adobe Photoshop. Adobe PageMaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat, dan lain-lain.

3. Corel Corp. Mengeluarkan software aplikasi CorelDraw, WordPerfect, dan lain-lain.

4. Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip, dan lain-lain.

5. Xing Technology Corp. Mengeluarkan program multimedia ZingMPEG Player, dan lain-lain.

6. Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton, dan lain-lain.

Usaha untuk menghasilkan ide atau gagasan hingga mewujudkan suatu produk, tentulah tidak mudah. Perlu banyak pengorbanan baik materi, waktu, pikiran, maupun tenaga. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi kita untuk menghargai hasil karya seseorang. Berikut ini beberapa cara untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangkat lunak komputer.

1. Tidak membajak, menyalin, atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.

2. Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain.

3. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.

4. Menggunakan perangkat lunak yang asli.




4 comments:

  1. waduuh saya sangat menghargai hasil karya seseorang tapi karena doku(duit) OS dirumah aja pake yg bajakan mungkin nanti saya usahakan akan membeli yang asli ngomong ngomong sobat dirumah pake software bajakan apa asli ?

    ReplyDelete
  2. bjakan juga sob, dah egk kebeli yang asli.
    tapi artikel ini bisa membuat kita sadar, akan ksalah kita !!!

    ReplyDelete
  3. ini blog isnnya sama persis ama buku tik SMA... persis samaaaa

    ReplyDelete
  4. trima kasiih :) sgt brmanfaat buat sy:)

    ReplyDelete

Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun.